Total
Physical Response (TPR) adalah metode pengajaran bahasa yang dibangun
di sekitar koordinasi ucapan dan tindakan, ia mencoba untuk mengajarkan
bahasa melalui fisik (motorik) aktivitas. Dikembangkan
oleh James Asher, seorang profesor psikologi di San Jose State
University, California, ia menarik pada beberapa tradisi, termasuk
psikologi perkembangan, teori belajar, dan humanistik pedagogi, serta
pada prosedur pengajaran bahasa diusulkan oleh Harold dan Dorothy Palmer
pada tahun 1925. Mari kita pertimbangkan secara singkat preseden ini untuk Total Physical Response.Total
Physical Response terkait dengan "jejak teori" memori dalam psikologi,
yang menyatakan bahwa lebih sering atau lebih intensif koneksi memori
ditelusuri, semakin kuat asosiasi memori akan dan semakin besar
kemungkinan akan ingat. Menapak
dapat dilakukan secara lisan (misalnya, dengan pengulangan hafalan) dan
/ atau dalam hubungannya dengan aktivitas motorik. Kegiatan
penelusuran gabungan, seperti latihan lisan disertai dengan aktivitas
motorik, sehingga meningkatkan kemungkinan recall sukses.
Dalam
arti perkembangan, Asher melihat pembelajaran bahasa kedua orang dewasa
yang sukses sebagai proses paralel untuk anak akuisisi bahasa pertama. Dia
mengklaim bahwa pidato diarahkan untuk anak-anak terutama terdiri dari
perintah, yang anak-anak merespon secara fisik sebelum mereka mulai
menghasilkan respon verbal. Asher merasa dewasa harus merekapitulasi proses yang anak-anak memperoleh bahasa ibu mereka
Saham asher dengan sekolah psikologi humanistik perhatian untuk peran afektif faktor (emosional) dalam belajar bahasa. Sebuah
metode yang ringan dalam hal produksi linguistik dan yang melibatkan
gerakan gamelike mengurangi stres peserta didik, ia percaya, dan
menciptakan suasana hati yang positif dalam pelajar, yang memfasilitasi
pembelajaran.Penekanan
Asher pada pengembangan keterampilan pemahaman sebelum pelajar
diajarkan untuk berbicara menghubungkannya dengan gerakan dalam
pengajaran bahasa asing kadang-kadang disebut sebagai Pendekatan
Pemahaman (Winitz 1981). Hal
ini mengacu pada beberapa proposal yang berbeda berbasis pemahaman
bahasa pengajaran, yang berbagi keyakinan bahwa:
(a) kemampuan pemahaman
mendahului keterampilan produktif dalam belajar bahasa,
(b) pengajaran
berbicara harus ditunda sampai keterampilan pemahaman ditetapkan,
(c)
keterampilan diperoleh
melalui mendengarkan transfer ke keterampilan lain,
(d) pengajaran
harus menekankan makna daripada bentuk, dan
(e) pengajaran harus
meminimalkan stres pelajar.
Penekanan
pada pemahaman dan penggunaan tindakan fisik untuk mengajarkan bahasa
asing pada tingkat perkenalan memiliki tradisi panjang dalam pengajaran
bahasa.
Jenis Silabus
Jenis silabus Asher penggunaan dapat disimpulkan dari analisis jenis latihan yang digunakan dalam kelas TPR. Analisis ini menunjukkan penggunaan silabus berbasis kalimat, dengan kriteria gramatikal dan leksikal yang utama dalam memilih item mengajar. Tidak seperti metode yang beroperasi dari pandangan tata bahasa-based atau struktural unsur-unsur inti dari bahasa, Total Physical Response memerlukan perhatian awal untuk berarti daripada bentuk item. Grammar demikian diajarkan secara induktif. Fitur tata bahasa dan kosakata yang dipilih tidak sesuai dengan frekuensi mereka membutuhkan atau digunakan dalam situasi bahasa target, tetapi menurut situasi di mana mereka dapat digunakan di kelas dan kemudahan yang mereka dapat dipelajari.
Kriteria untuk termasuk item kosakata atau fitur tata bahasa pada titik tertentu dalam pelatihan adalah kemudahan asimilasi oleh siswa. Jika item tidak dipelajari dengan cepat, ini berarti bahwa siswa tidak siap untuk item. Menariknya dan coba lagi pada waktu mendatang dalam program pelatihan.
Asher juga menunjukkan bahwa sejumlah tetap item diperkenalkan pada satu waktu, untuk memfasilitasi kemudahan diferensiasi dan asimilasi. "Dalam satu jam, adalah mungkin bagi siswa untuk mengasimilasi 12 sampai 36 item leksikal baru tergantung pada ukuran kelompok dan tahap pelatihan". Asher melihat kebutuhan untuk perhatian untuk kedua arti global bahasa serta rincian halus organisasinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar